ANALISA TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN RADIOLOGI TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PEMERIKSAAN ULTRASONOGRAFI (USG) DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD SANJIWANI KABUPATEN GIANYAR

ANALISA TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN RADIOLOGI TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PEMERIKSAAN ULTRASONOGRAFI (USG) DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD SANJIWANI KABUPATEN GIANYAR

Penulis

  • Ni Putu Rita Jeniyanthi Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali
  • Angel Lingkan Martoyo Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali
  • Chatrina Amerenchia Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali

Kata Kunci:

Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan, Ultrasonografi

Abstrak

Pelayanan kesehatan adalah setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau secara bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perorangan, keluarga dan ataupun masyarakat. (Lovely dan Loobam 1973, dalam Waluyo 2008).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan radiologi terhadap kepuasan pasien pada pemeriksaan Ultrasonografi (USG) di Instalasi Radiologi RSUD Sanjiwani Kabupaten Gianyar.

Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan pendekatan survey. Metode pengambilan data dilakukan dengan cara observasi langsung dan menyebar kuisioner kepada pasien sebagai responden di Instalasi Radiologi RSUD Sanjiwani Kabupaten Gianyar. Jumlah responden adalah 30 orang, Sebelum dilakukan pengumpulan data, maka akan dilakukan uji validitas dan uji rehabilitas terhadap masing-masing pertanyaan yang digunakan untuk mengumpulkan data. Uji validitas menggunkan teknik korelasi Spearman Product Moment (r).

Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan uji statistik dengan menggunakan uji spearman dengan tingkat kesalahan (α) = 0,00 untuk faktor kepuasan pasien diperoleh hasil Ï value sebesar 0,000 dan r sebesar 0,113 karena Ï value < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari tabel tersebut menunjukan r bernilai positif maka artinya pasien yang telah melakukan pemeriksaan Ultrasonografi (USG) Urologi menyatakan puas terhadap pelayanan radiologi pada pemeriksaan Ultrasonografi di Instalasi Radiologi RSUD Sanjiwani Kabupaten Gianyar.

Referensi

Direktorat Jendral Bina Pelayanan Medik. 2008. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit: Jakarta :Depkes RI

Endjun. 2007. Definisi Ultrasonografi (USG). Sumatra Utara Kadi A, Atmadja W. 1988. Rumput Laut (Algae), Jenis Reproduksi, Produksi Budidaya dan Pasca Panen. Jakarta: Puslitbang Oseanologi LIPI; 23 p.

Hendroyono, Agus. Mutu Pelayana Kesehatan dan Service Recovery,

http://eprints.undip.ac.id/17740/1/IKA_OKTIANI_CHOERUNNISA.pdf

Heriandi, 2006. Kepuasanpasien.

Kemenkes RI. 2008. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta :DepkesRI.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran, Pendekatan Praktis.Graha Ilmu : Yogyakarta.

Lovely dan Loobam 1973, dalam Waluyo 2008, Pelayanan Kesehatan.

Nursalam. 2011. Kepuasanpasien.

Hafizurrachman, 2004. Kepuasan pasien.

Satrianegara, M.F., SittiSaleha. 2009. Buku Ajar Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan serta Kebidanan. Salemba Medika : Jakarta.

Soejadi. 2006. Pedoman Penilaian Kinerja Rumah Sakit. Katiga Bima

Usmara, Usi. 2008. Pemikiran Kreatif Pemasaran. Amara Books: Yogyakarta.

(Anonim, 2009). Rumah sakit.

Unduhan

Diterbitkan

2018-06-01

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...