ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN RADIOTERAPI DI INSTALASI RADIOTERAPI RSUP SANGLAH

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN RADIOTERAPI DI INSTALASI RADIOTERAPI RSUP SANGLAH

Penulis

  • Kadek Sukadana Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali
  • Ni Kadek Ratih Kumara Dewi Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali

Kata Kunci:

Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan, Radioterapi, Kuantitatif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh signifikan kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan radioterapi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Penelitian dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada pasien. Masing-masing pasien akan memberikan jawabnnya dengan cara memberi tanda rumput (√) pada pertanyaan yang terdapat di dalam kuesioner tersebut. Untuk mengetahui normal atau tidaknya data serta tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan akan dilakukan pengolahan data dengan menggunakan uji korelasi nonparametrik dari program SPSS versi 21.

Berdasarkan uji normalitas, data kuesioner berdistribusi tidak normal sehingga dilanjutkan dengan uji spearman. Dari penelitian ini dapa disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan pada kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan . hal ini dapat dilihat dari hasil uji korelasi nonparametrik yang menyebutkan nilai Sig. (2-tailed) Kepuasan Pasien = 0,036 (Sig < 0,05) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima dan dari uji Korelasi Speraman yang menyebutkan nilai Sig. (2-tailed) Mutu Pelayanan = 0,036 (Sig < 0,05) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa akan lebih baik jika mutu pelayanan dapat meningkatkan kepuasan pasien.

Referensi

Anjaryani, Wike Diah. 2009. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawatan di RSUD Tugurejo Semarang. Universitas Diponegoro (Tesis).

Direktorat Jendral Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan RI. 2008. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit : Depkes RI

Kemenkes No.129/Menkes/SK/II/2008. Kepuasan Pasien.

Peraturan Menteri Kesehatan Negara Republik Indonesia Nomor 780/MENKES/PER/VIII/2008 tentang Pelayanan Radioterapi

Muninjaya, A. A. G. 2012. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. EGC: Jakarta.

Murtiana, Eka. 2016. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Di RSUD Kota Kendari. Universitas Haluoleo

Nursalam, 2007. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan

Profesional, Edisi Kedua. Salemba Medika: Jakarta.

Peraturan Menteri Kesehatan Negara Republik Indonesia Nomor 780/MENKES/PER/VIII/2008 tentang Pelayanan Radioterapi

Subekti, Dede. 2009. Analisis Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Balai Pengobatan (BP) Umum Puskesmas di Kabupaten Tasikmalaya. Universitas Diponegoro (Tesis).

Undang-Undang RI No. 44 Tahun 2009 tentang Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit

Unduhan

Diterbitkan

2018-06-01

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...