ANALISIS PENGARUH SCAN LENGTH TERHADAP NILAI DOSE LENGTH PRODUCT PADA CT-SCAN MULTISLICE DI RSUD MANGUSADA BADUNG

ANALISIS PENGARUH SCAN LENGTH TERHADAP NILAI DOSE LENGTH PRODUCT PADA CT-SCAN MULTISLICE DI RSUD MANGUSADA BADUNG

Penulis

  • Ni Kadek Dwik Kristinayanti Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali
  • Maghfirotul Iffah Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali
  • Ni Putu Rita Jeniyanthi Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali
  • Kadek Yuda Astina Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali

Kata Kunci:

Scan Length, Dose Length Product

Abstrak

Penelitian analisis pengaruh scan length terhadap nilai dose length product pada CT-scan multislice di RSUD Mangusada Badung bertujuan untuk mengetahui pengaruh scan length terhadap dose length product pada CT Scan Multislice di RSUD Mangusada Badung.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yang dilakukan di RSUD Mangusada Badung pada bulan Februari 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh scan length dengan menggunakan water phantom dengan sampel penelitian yaitu 5 variasi scan length pada pesawat CT Scan merk Emotion 16 di RSUD Mangusada Badung. Hasil penelitian selanjutnya diolah dengan program SPSS versi 21.Berdasarkan hasil penelitian bahwa ada pengaruh scan length terhadap nilai dose length product (DLP). Hal ini dapat dilihat dari uji korelasi spearman yang menyebutkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 (sig<0,05) yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Semakin besar scan length maka nilai dose length product semakin besar, hal ini dilakukan dengan mengontrol faktor-faktor parameter DLP

Referensi

Anonim, 2001. Dose In Computed Tomography Basics, Challenges And Solutions. GE Medical System.

Herlinawati, 2017. Komperasi Dosis Pada Pemeriksaan CT Head Trauma dan Head Trauma 3D menggunakan Thermoluminence Dosimetri (TLD) di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Huda W, Sterzik A, Tipnis S. X-ray beam filtration, dosimetry phantom size and CT patient dose conversion factors. Phys Med Biol2010;55(2):551–561.

Huda W, Mettler FA. 2011. Volume CT Dose Index and Dose-Length Product Displayed during CT: What Good Are They?. Radiology 258: 236-242.

Noor, Johan A.E. dan Indrastuti Normahayu. 2014. Dosis Radiasi dari Tindakan CT Scan Kepala. Universitas Brawijaya, Malang.

Ramadhani Putri, 2006. CT Scanner. Universitas Hasanuddin, Makassar.

Safitri, Rini dan Nurmalita. 2014. The Method of CT Dosimetry Based on the CTDI (Computed Tomography Dose Index) for the Treatment of the Human's Head. Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Sirait Pitta, 2017. Pengaruh Field Of View (Fov) Dan Slice Thickness Terhadap Dosis Radiasi Pada CT Scan. Universitas Sumatera Utara, Medan

Syahputra, Muhammad Jaka. 2017. Pengaruh Radiasi dengan menggunakan Protokol Low Dose Kv,mA dan Pitch Pada CT Scan Pelvis. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Tsalafoutas, I.A., 2011, A Method for Calculating Dose Length Product from CT DICOM Images, volume 43, The British Journal of Radiology.

Unduhan

Diterbitkan

2019-06-01

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...