UJI KESESUAIAN CT NUMBER PADA PESAWAT CT SCAN MULTISLICE DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD MANGUSADA BADUNG

UJI KESESUAIAN CT NUMBER PADA PESAWAT CT SCAN MULTISLICE DI INSTALASI RADIOLOGI RSUD MANGUSADA BADUNG

Penulis

  • Muhammad Zakirin Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali
  • Anak Agung Aris Diartama Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali
  • Maghfirotul Iffah Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali
  • Burlian Mughnie Poltekkes Kemenkes Jakarta
  • Ni Putu Rita Jeniyanthi Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali

Kata Kunci:

Uji Keseuaian, CT Number, CT Scan Multislice, Water Phantom, Nilai Lolos Uji

Abstrak

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui nilai akurasi dan keseragaman CT Number dari citra CT Scan menggunakan water phantom di Instalasi Radiologi RSUD Mangusada Badung. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yang dilakukan di Instalasi Radiologi RSUD Mangusada Badung pada bulan April 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh slice uji CT Number pada Pesawat CT Scan Multislice di Instalasi Radiologi RSUD Mangusada Badung dengan sampel penelitian meliputi 10 slice CT Number, pada 5 titik pengukuran HU dengan ROI yakni pada pusat citra, pada arah jam 12, arah jam 3, arah jam 6 dan arah jam 9. Data penelitian ini di ambil dengan melakukan observasi, eksperimen dan dokumentasi yang selanjutnya akan diolah dengan menggunakan metode penghitungan. Nilai Hounsfield Unit yang ditunjukkan dengan penempatan ROI (region of interest) dengan ukuran 2 cm, tegangan tabung 130 kVp, 240 mAs dan slice thickness 10 mm. Dari hasil pengukuran didapatkan nilai akurasi CT Number pada 10 sampel yaitu -0.9; -1.0; -1.0; -1.0; -1.2; -0.3; -0.6; 0.1; -0.0 dan -0.9 HU dengan nilai lolos uji -4 sampai 4, untuk nilai keseragaman CT Number yaitu 0.9; 0.8; 0.9; 1; 0.5; 1.4; 1.2; 1.7; 1.8; 1.1 HU dengan nilai lolos uji -2 sampai 2. maka nilai akurasi CT Number masih sesuai standar PERKA BAPETEN Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Uji Kesesuaian Pesawat Sinar-X Radiologidiagnostik  dan Intervensional

Referensi

ACR (American College Of Radiology), 2012. Computed Tomography Quality Control Manual.

Ballinger, Philip W. 2007. Meril’s Atlas of Radiographic Positions and Radiologic Procedures, Volume Two, Tenth Edition. The CV Mosby Company, St. Louis, Missouri.

Bontrager, Knneth L. 2014. Text Book of Radiographic and Related Anatomy, Sevent Edition. St. Louis : Mosby Inc.

Bushong, S.C.2017. Radiologic Science for Technologist, Fourt Edition, Mosby Company, Toronto.

Bushberg, Jerrold, T., 2012, The Essential Physics of Medical Imaging 3th Edition, Lippincot William & wilkins Philadelphina, USA.

Human Health Series No. 19, 2012. Quality Assurance Programme ForComputed Tomogrphy, Diagnostic and Thetapy Application, International Atomic Energy Agency IAEA

Mas’ull, A.R., Sutanto, H., 2014, Uji Kesesuaian CT Number pada Pesawat CT Scan Multi Slice di Unit Radiologi Rumah Sakit Islam Yogyakarta, Youngster Physics Journal, Jurusan Fisika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro, Semarang.

Peraturan Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir. Nomor 9 tahun 2011. Tentang Uji Kesesuaian Pesawat Sinar-X Radiologi Diagnostik dan Intervensional.

Syamsidar, Bualkar Abdullah ,Syamsir Dewang, Mulyadin, Analisis akurasi dan keseragaman CT Number dari citra CT-Scan menggunakan phantom gammex, journal, Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Hasanuddin, Makassar

Syamsidar. 2017. Analisis Akurasi Dan Keseragaman CT Number Dari Citra CT Scan Menggunakan Phantom Gammex, Departemen Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin Makassar.

Unduhan

Diterbitkan

2019-06-01

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...