TEKNIK PEMERIKSAAN MAGNETIC RESONANCE IMAGING LUMBAL DENGAN KASUS LOW BACK PAIN DI INSTALASI RADIOLOGI RSUP SANGLAH

TEKNIK PEMERIKSAAN MAGNETIC RESONANCE IMAGING LUMBAL DENGAN KASUS LOW BACK PAIN DI INSTALASI RADIOLOGI RSUP SANGLAH

Penulis

  • Triningsih Triningsih Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali Rumah Sakit Siloam Manado
  • Ni Ketut Wilantari Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali Rumah Sakit Siloam Manado

Kata Kunci:

Magnetic Resonance Imaging Lumbal, Low Back Pain, Kualitatif

Abstrak

             Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik pemeriksaan Magnetik Resonance Imaging Lumbal dengan Kasus Low Back Pain di Instalasi Radiologi RSUP Sanglah dan untuk mengetahui alasan tidak digunakannya sequence T2WI Coronal pada pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging Lumbal dengan Kasus Low Back Pain di Instalasi Radiologi RSUP Sanglah.

 

            Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di Instalasi Radiologi RSUP Sanglah. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pasien yang menjalani pemeriksaan MRI Lumbal dengan kasus Low Back Pain di Instalasi Radiologi RSUP Sanglah dengan sampel penelitian meliputi tiga orang pasien yang menjalani pemeriksaan MRI Lumbal dengan Kasus Low Back Pain di Instalasi Radiologi RSUP Sanglah.

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik pemeriksaan MRI Lumbal dengan kasus Low Back Pain di Instalasi Radiologi RSUP Sanglah tidak ada persiapan khusus, pasien melepaskan benda logam di tubuhnya, petugas melakukan screening dan memberikan inform concent kepada pasien. Sequence yang digunakan T2 FSE Sagital, T1 SE Sagital, STIR Sagital, T2 FSE Axial, T1 SE Axial dan Myelo. Sequence T2WI Coronal tidak digunakan karena untuk efisiensi waktu pemeriksaan, dengan menggunakan sequenceT1, T2, irisan Axial, Sagital, Coronal, STIR dan Myelo sudah cukup informatif dalam memberikan data pada Lumbal dan kelainan pada medullaspinalis.

Referensi

Andini, Fuzia, 2015. Risk Factor Of Low Back Pain In Workers. Faculty of Medicine, Universitas Lampung.

ATRO Bali, 2018. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali, ATRO Bali, Denpasar.

Blink, J Evert, 2004. Basic MRI Physic.

Blissitt, Patricia A, dkk. 2014. Thoracolumbar Spine Surgery : A Guide to Preoperative and Postoperative Patient Care. AANN Reference for Clinical Practice.

Gupta, Ranjana dkk, 2015. Additional Merit of Coronal STIR Imaging for MR Imaging of Lumbar Spine. Journal of Craniovertebral Junction

Moeller, Torsten B. 2010. MRI Parameters and Positioning. Yhiem, Inc. New York. Notosiswoyo, Mulyono, 2016. Pemanfaatan MRI Sebagai Sarana Diagnostik Pasien.http://ejournal.litbang.depkes.go.id /index.php/MPK/article/view/901. (Diakses pada 31 Januari 2018).

Unduhan

Diterbitkan

2018-06-01

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...