PENGARUH ATURAN 15% KVP PADA COMPUTED RADIOGRAPHY TERHADAP SIGNAL TO NOISE RATIO (SNR)

PENGARUH ATURAN 15% KVP PADA COMPUTED RADIOGRAPHY TERHADAP SIGNAL TO NOISE RATIO (SNR)

Penulis

  • Dea Ryangga
  • Ni Putu Rika Widhyasari
  • Cokorda Istri Ariwidyastuti

Kata Kunci:

Aturan 15% kVp, SNR, Computed Radiography

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan pada penerapan aturan 15% kVp terhadap nilai SNR citra stepwedge. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional pada objek stepwedge. Penelitian dilakukan dengan tiga variasi faktor eksposi yaitu dengan acuan 60 kV dan 8 mAs, kenaikan 15% kVp (69 kV dan 4 mAs), dan penurunan 15% kVp (51 kV dan 16 mAs). Masing-masing faktor eksposi dilakukan enam kali eksposi sehingga diperoleh 18 citra. Hasil citra tersebut selanjutnya dilakukan pengukuran dan penghitungan nilai SNR dengan menggunakan software RadiAnt Dicom. Untuk mengetahui normal atau tidaknya data serta pengaruh aturan 15% kVp terhadap nilai SNR akan dilakukan pengolahan data dengan menggunakan uji korelasi dari program SPSS versi 22. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukan data SNR berdistribusi normal sehingga dilanjutkan dengan uji Korelasi Pearson. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan pada aturan 15% kVp terhadap nilai SNR. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Korelasi Pearson yang menyebutkan nilai Sig.(2-tailed) SNR = 0,000 (Sig < 0,05) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa akan lebih baik jika menerapkan penurunan 15% kVp karena dapat meningkatkan kualitas citra digital khususnya SNR.

Referensi

Anon. 2009. Industrial Radiography Imaging Forming Techniques. GE Sensing & Inspection Technologies.

Bushong, S.C. 2004. Radiologic Science for Technologist Physics, Biology and Protection. Eight Edition. USA

Bourne, Roger. 2010. Fundamentals of Digital Imaging in Medicine. London: Springer.

Carrol, Quinn. 2011. Radiography in the Digital Age: Physic Exposure, Radiation Biology.

Bontrager, Kenneth L. 2014. Textbook of Radiographic Positioning and Related Anatomy. Eight Edition. USA: Mosby Elsevier.

Fauber T.L. 2008. Radiographic Imaging and Exposure. Third Edition. USA: Mosby inc Missouri.

Rahman, Nova. 2009. Radiofotografi. Universitas Baiturrahman, Padang.

Sugiyono, Prof.Dr. 2010.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Carlton, Rick and Adler. 2001. Principle of Radiographic Imaging an Art and Science. Third Edition. Arkansas State University.

Fauber T.L. 2004. Radiographic Imaging and Exposure. Third Edition. USA: Mosby inc Missouri.

Putri, Fitri A. 2016. Pengaruh Variasi kV mAs Terhadap Kualitas Radiograf Thorax Proyeksi Postero Anterior Pada Computer Radiography di Instalasi Radiologi Sentral RSUP Sanglah Denpasar

Unduhan

Diterbitkan

2018-10-20

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...