PERBANDINGAN NILAI SKALA KEABUAN DAN HISTOGRAM CITRA THORAX COMPUTED RADIOGRAPHY (CR) PADA PENDERITA PNEUMONIA DENGAN CITRA THORAX NORMAL

PERBANDINGAN NILAI SKALA KEABUAN DAN HISTOGRAM CITRA THORAX COMPUTED RADIOGRAPHY (CR) PADA PENDERITA PNEUMONIA DENGAN CITRA THORAX NORMAL

Penulis

  • dr I Made Wijaya Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali
  • Kadek Yuda Astina Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali
  • I Wayan Oki Wibawa Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali
  • Valey Jeanet Lobang Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali

Kata Kunci:

Pneumonia, Citra Thorax, Histogram, Skala Keabuan, MATLAB

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pada nilai skala keabuan dan histogram pada citra thorax Pneumonia dengan citra thorax normal dan untuk mengetahui nilai rata-rata skala keabuan Pneumonia dan citra thorax normal dalam membantu penegakan diagnosa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yang dilakukan di Instalasi Radiologi RSUD Badung Mangusada pada tahun 2018. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh citra thorax yang ada di Instalasi Radiologi RSUD Badung Mangusada dengan sample penelitian 30 citra thorax (15 citra thorax pneumonia dan 15 citra thorax normal). Citra thorax yang sudah diekspose menggunakan faktor eksposi pada tegangan tabung 45kV– 60kV dan kuat arus 4mAs – 6mAs diolah menggunakan Computed Radiography (CR). Analisa skala keabuan dan histogram dilakukan pada Region Of Interest (ROI) di daerah apex paru dan lobus superior diolah menggunakan program MATLAB a 32 bit kemudian dianalisis statistik menggunakan program SPSS 21.

Hasil uji T tidak berpasangan dapat di simpulkan bahwa ada perbedaan nilai skala keabuan pada citra thorax pneumonia dengan citra thorax normal. Hasil uji T tidak berpasangan memperoleh hasil p value <0,001 (p <0,05). Data skala keabuan selanjutnya dirubah menjadi histogram yang diperoleh hasil histogram citra thorax pneumonia bergeser ke arah kiri warna hitam dan histogram citra thorax normal bergeser ke arah kanan warna putih. Nilai rata – rata skala keabuan pixel citra thorax pneumonia sebesar 35037,78 dan nilai rata – rata skala keabuan pixel citra thorax normal sebesar 55100,42.

Referensi

Jeremy P.T., 2008, At Glance Sistem Respirasi, Edisi Kedua, Erlangga Medical Series, Jakarta, pp. 76-77.

Bontrager, Keneth L.2014 Text Book of Radiographic Positioning and Related Anatomy, Eight Edition

Badan Kesehatan RI.2014. Riset Kesehatan Dasar (RIKESDAS)

Price, SA, Wilson, LM.2008. Patofisiologi : Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit. Hartanto H, Susi N, Wulansari P, Mahanani DA, editor. Jakarta: EGCN.

repository.unair.ac.id/30162/1/13-BAB I PENDAHULUAN.pdf · PDF file

https://www.e-jurnal.com/2013/09/gejala-penyakit-pneumonia.html

Unduhan

Diterbitkan

2018-12-01

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...